• Kontak Kami
  • Hotline : 085649595148
  • SMS : 085649595148
  • BBM : 59957FC7

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Apa Itu Konstipasi dan Apa Penyebab Konstipasi?

Apa Itu Konstipasi dan Apa Penyebab Konstipasi?

Diposting pada oleh Chandra Medika

apa itu konstipasi dan apa saja penyebabnya

Apa Itu Konstipasi ?

Konstipasi adalah salah satu gangguan pencernaan yang sangat umum diderita masyarakat saat ini. Mungkin Anda sudah tahu jika kekurangan serat bisa memicu terjadinya konstipasi, namun ada beberapa penyebab lain yang juga bisa mengakibatkan konstipasi.
Secara medis konstipasi merupakan peristiwa terganggunya proses pencernaan terutama dalam hal defekasi atau pembuangan feses. Konstipasi bisa dideteksi dari berkurangnya frekuensi buang air besar dalam seminggu, buang air besar rutin namun memerlukan tenaga yang besar, atau bisa saja buang air besar rutin namun feses yang dikeluarkan kecil-kecill, keras, dan kering. Kabar gembiranya adalah konstipasi bisa dengan mudah diatasi bahkan dicegah selama Anda tahu apa penyebabnya.

 

Apa Saja Penyebab Konstipasi ?

Penyebab konstipasi: gaya hidup dan pola makan
Pola makan yang buruk serta gaya hidup yang tidak aktif adalah penyebab utama konstipasi. Kurangnya olah raga dan terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji bisa membuat pencernaan Anda begitu terganggu. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan selain makanan cepat saji yang juga bisa menyebabkan konstipasi jika dikonsumsi dalam jumlah besar secara terus menerus.

  •   Berbagai produk olahan susu
  •   Makanan yang mengandung lemak dan gula berlebih
  •   Makanan yang tidak mengandung serat
  •   Makanan yang tidak mengandung air
  •  Alkohol dan kafein

 

Ketika Anda sudah merasa ingin buang air besar, jangan ditahan-tahan dan segera keluarkan. Seringnya kebiasaan orang zaman sekarang dalam menunda-nunda waktu buang air besar bisa menyebabkan konstipasi.
Perubahan terhadap gaya hidup dan pola makan rutin juga bisa menyebabkan konstipasi yang biasanya ditandai dengan buang air besar yang tidak teratur. Jadi jika Anda sedang bepergian selalu ingat untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat, olah raga, dan minum air secara cukup.
Penyebab konstipasi: obat-obatan
Konstipasi yang Anda derita bisa jadi karena merupakan efek samping dari obat-obatan yang Anda konsumsi. Jika Anda mulai mengonsumsi obat-obatan tertentu dan Anda merasa buang air besar terganggu, segera konsultasikan ke dokter Anda untuk diberikan alternatif.
Beberapa obat-obatan umum yang sering menyebabkan konstipasi adalah obat-obatan diuretik, antasida (yang mengandung aluminium dan kalsium), narkotika, antidepresan, berbagai suplemen, antikonvulsan, dan obat-obatan untuk menjaga tekanan darah.
Konstipasi juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi konstipasi itu sendiri. Ketika Anda terlalu sering mengonsumsi obat pencahar dan sejenisnya, maka sistem pencernaan Anda akan jadi kecanduan akan obat itu dan konstipasi akan terjadi jika Anda tidak mengonsumsinya.
Penyebab konstipasi: kondisi kesehatan
Konstipasi juga bisa terjadi akibat efek dari penyakit yang sedang Anda derita. Kondisi kesehatan ini menyebabkan feses tidak bisa melalui usus besar dengan lancar dan berujung pada konstipasi. Irritable bowel Syndrome (IBS) adalah sebuah sindrom pada usus besar di mana usus besar begitu sensitif terhadap sisa-sisa sari makanan yang melewatinya. Tidak diketahu banyak tentang sindrom ini namun para dokter setuju para penderitanya harus berhati-hati dalam menjaga pola makan.

Kondisi kesehatan lain yang juga memicu konstipasi antara lain:

  • Stroke
  • Parkinson
  • Gangguan saraf tulang belakang
  • Hypothyroidism (kelenjar tiroid tidak bekerja maksimal)
  • Kehamilan
  • Diabetes
  • Lupus

Proses penuaan juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya konstipasi. Untuk itu, olah raga yang teratur sangat diperlukan bagi setiap orang lanjut usia yang ingin pencernaannya lancar. Konstipasi memang agak kurang etis untuk dibicarakan, namun akan sangat tidak nyaman jika Anda mengalaminya dalam jangka waktu panjang. Segera konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda merasa konstipasi Anda sudah parah dan tidak normal.

Bagikan informasi tentang Apa Itu Konstipasi dan Apa Penyebab Konstipasi? kepada teman atau kerabat Anda.

Apa Itu Konstipasi dan Apa Penyebab Konstipasi? | Toko Alat Kesehatan

Belum ada komentar untuk Apa Itu Konstipasi dan Apa Penyebab Konstipasi?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
Rp 155.000
Habis / DIS-001
Rp 250.000
Ready Stock / BOS-001
SIDEBAR