• Kontak Kami
  • Hotline : 085649595148
  • SMS : 085649595148
  • BBM : 59957FC7

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Apa Itu Virus MERS dan Bagaimana Cara Pencegahan Virus Mers?

Apa Itu Virus MERS dan Bagaimana Cara Pencegahan Virus Mers?

Diposting pada oleh Chandra Medika

Tentang Virus Mers

apa itu virus mers

Ibadah Haji maupun ibadah umroh sangatlah diidam-idamkan bagi kaum muslimin diseluruh penjuru dunia, tak pandang gender dan umur. Suatu rasa syukur yang luar biasa ketika seseorang telah berhasil memenuhi rukun islam yang terakhir.
Namun belakangan ini telah marak diperbincangkan mengenai penyakit yang disebabkan oleh viris yang disebut Mers. Virus tersebut biasanya kerap menyerang pada lansia ( usia lanjut ). Virus Middle East Respiratory Syndrome atau yang disingkat MERS adalah suatu virus yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada manusia terutama menyerang pada seseorang yang berusia lanjut.
Berdasarkan penjelasan dari Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Jeddah, Bapak Syarif Shahabudin, beliau menerangkan bahwa ada beberapa gejala umum yang mungkin ditimbulkan oleh virus MERS, diantaranya adalah flu, demam dan batuk yang disertai dengan sesaknya pada pernapasan.

Adapun cara penularan dari virus Mers tersebut adalah:

1. Penularan Langsung. Hal ini dimaksudkan adalah virus menular melalui cairan yang keluar dari penderita penyakit tersebut yang sedang batuk atau bersin.
2. Penularan tidak langsung. Penularan ini bisa terjadi melalui berbagai sentuhan pada beberapa benda yang mungkin telah terkontaminasi oleh virus Mers tersebut.
3. Kontak langsung dengan si penderita

Untuk menghindari penularan dari pada virus MERS yang mematikan tersebut, ada beberapa cara atau tips yang dapat mencegah terjadinya penularan atau terinfeksi yang dapat dilakukan. Yaitu :

cara pencegahan virus mers
1. Rajin mencuci atau membersihkan tangan dengan menggunakan sabun antiseptik.
2. Hindari kontak langsung dengan penderita
3. Jika sedang batuknatauoun bersin alangkah lebih baiknya ditutup.
4. Selalu pergunakanlah masker dimanapun anda berada terutama pada tempat umum dan keramaian. Khususnya pada saat anda sedang menjalankan ibadah haji atau umroh.

Virus MERS tersebut berasal dari negara Arab Saudi yang disinyalir penularan virus adalah dari salah satu binatang asli negara tersebut yang juga menjadi icon atau ciri khas dari Arab Saudi yaitu Unta. Untuk itu perlu menjadi sebuah kewaspadaan bagi para jama’ah yang baru saja melaksanakan ibadah haji ataupun umroh dari Arab Saudi. Jika mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan tadi, maka segeralah memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat untuk menhindari hal – hal yang tidak diinginkan.
Semoga artikel ” Apa Itu Virus MERS dan Bagaimana Cara Pencegahan Virus Mers? ” di atas bermanfaat bagi pembaca dan orang – orang disekitarnya. Salam sehat.

Bagikan informasi tentang Apa Itu Virus MERS dan Bagaimana Cara Pencegahan Virus Mers? kepada teman atau kerabat Anda.

Apa Itu Virus MERS dan Bagaimana Cara Pencegahan Virus Mers? | Toko Alat Kesehatan

Belum ada komentar untuk Apa Itu Virus MERS dan Bagaimana Cara Pencegahan Virus Mers?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 590.000
Ready Stock / TE-002
Rp 345.000
Ready Stock / ACD-003
SIDEBAR