• Kontak Kami
  • Hotline : 085649595148
  • SMS : 085649595148
  • BBM : 59957FC7

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Apakah Mungkin Punya Anak Jika Anda Terdiagnosa Kanker Payudara?

Apakah Mungkin Punya Anak Jika Anda Terdiagnosa Kanker Payudara?

Diposting pada oleh Chandra Medika

Orang yang sedang hamil

Apakah Masih Mungkin bisa Mempunyai anak apabila Ibu Terkena Kanker Payudara ?

Jennifer Litton, salah satu pakar kanker dari situs everyday health mengatakan bahwa kebanyakan pasien penderita kanker payudara akan menjawab ‘tidak mungkin’ jika ditanyai pertanyaan seperti itu. Pada umumnya mereka beralasan karena dengan hamil, maka kanker payudara akan dibiarkan untuk tumbuh jika payudara tidak diangkat. Sedangkan jika payudara sudah diangkat, kehamilan konon bisa menyebabkan kanker untuk kembali lagi.
Hal ini tentu menjadi berita yang sangat mengecewakan bagi wanita yang masih muda namun sudah terdiagnosis kanker payudara. Mereka tentu sangat ingin memiliki anak dan membangun keluarga yang utuh. Begitu pula dengan semua pasien kanker payudara lain yang masih ingin memiliki anak.
Untuk menjawab pertanyaan ini secara medis tentu perlu dibuktikan dengan berbagai penelitian agar ‘konon katanya’ tidak dijadikan sebagai sumber dalam menentukan apakah mungkin Anda punya anak setelah Anda terdiagnosis kanker payudara?. Penelitian berikut ini dilakukan di Amerika Serikat dan berbagai negara lain untuk mengaitkan kanker dengan kelahiran anak.

Ada tiga studi yang cukup menonjol tentang kanker payudara tersebut :

Pada tahun 2003, penelitian yang dilakukan oleh Mueller dan kawan-kawan membuktikan bahwa dengan membandingkan 438 wanita yang kemudian hamil setelah mereka didiagnosis kanker payudara dengan 2.775 wanita lain yang memilih untuk tidak hamil setelah mereka didiagnosis. Hasilnya ternyata cukup mencengangkan, ada penurunan 46% atas kemungkinan meninggal bagi penderita kanker payudara yang kemudian hamil dibandingkan dengan yang tidak hamil. Menurut penelitian juga diketahui bahwa penurunan resiko kematian tersebut bahkan jauh lebih baik ketika sang wanita menunda kehamilan hingga 2 tahun setelah terdiagnosis.

Penelitian yang dilakukan oleh Verkooijen dan rekan-rekan juga membuktikan hal yang sama ketika mereka mengadakan penelitian di Singapuran dan Swedia. Mereka menemukan bahwa wanita yang hamil setelah didiagnosis kanker payudara memiliki penurunan resiko kematian yang sangat signifikan dibanding dengan yang tidak hamil. Dalam studinya, mereka membandingkan 492 wanita penderita kanker yang kemudian hamil dengan 8.529 wanita yang tidak hamil. Sama seperti studi sebelumnya, ditemukan bahwa penurunan resiko kematian akan lebih baik ketika kehamilan ditunda 2 tahun, bahkan 4 tahun setelah terdiagnosis.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh Azim dan rekan-rekan dengan cara membandingkan 14 studi berbeda mengenai masalah ini yang biasa disebut meta analisis. Studi ini menemukan bahwa ada penurunan resiko kematian sebanyak 41% ketika mereka membandingkan 1.244 penderita kanker payudara yang kemudian hamil dengan 18.145 perempuan penderita kanker payudara yang tidak hamil.

Menurut Jennifer, penelitian-penelitian ini justru membuktikan bahwa setiap wanita yang menderita kanker payudara malah lebih baik hamil setelah mereka terdiagnosis. Tentu sangat tidak baik jika membandingkan studi dengan responden besar dengan kondisi fisik Anda yang mungkin sangat berbeda. Namun paling tidak adil untuk dikatakan bahwa kehamilan yang terjadi pada penderita kanker payudara tidak akan membawa dampak yang lebih buruk jika dibandingkan dengan mereka yang tidak hamil setelah terdiagnosis kanker yang sama.
Oleh sebab itu, Jennifer menyarankan jika penderita kanker payudara ingin hamil, sebaiknya kehamilan ditunda antara 2 hingga 4 tahun karena resiko kematian akan terus berkurang semakin lama Anda menunggu. Namun tetap saja Anda perlu sangat berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengambil langkah ini karena apa yang terjadi pada wanita di studi tersebut bisa saja berbeda dengan kondisi yang terjadi pada Anda nantinya.

Bagikan informasi tentang Apakah Mungkin Punya Anak Jika Anda Terdiagnosa Kanker Payudara? kepada teman atau kerabat Anda.

Apakah Mungkin Punya Anak Jika Anda Terdiagnosa Kanker Payudara? | Toko Alat Kesehatan

Belum ada komentar untuk Apakah Mungkin Punya Anak Jika Anda Terdiagnosa Kanker Payudara?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / AKU-003
STOK HABIS
Rp 190.000
Habis / DIS-004
Rp 4.250.000
Ready Stock / NBU-005
SIDEBAR