• Kontak Kami
  • Hotline : 085649595148
  • SMS : 085649595148
  • BBM : 59957FC7

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Bisakah Meditasi Meredakan Migrain?

Bisakah Meditasi Meredakan Migrain?

Diposting pada oleh Chandra Medika

 manfaat meditasi untuk kesehatan

Dilansir dari about health, semakin berkembangnya pengobatan holistik membuat orang mencari cara yang lebih aman dalam meredakan berbagai gejala medis yang sering menyerang seperti pusing, sakit kepala, dan migrain. Ada banyak pihak yang akan menyarankan Anda untuk melakukan pemijatan, akupuntur, dan bahkan mengikuti kelas manajemen stres. Semua metode ini memang terbukti bisa meredakan sakit kepala yang Anda derita.

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru, meditasi bisa menjadi cara bagi Anda untuk meredakan migrain. Walaupun memang belum ada studi yang cukup lengkap untuk membuktikan pengaruh meditasi dalam meredakan migrain, namun tetap saja langkah ini patut Anda coba karena bagaimanapun meditasi akan bisa membawa ketenangan dalam pikiran Anda karena menjauhkan sesaat pikiran Anda dari hiruk pikuk dunia luar.

Ada sebuah studi yang mencoba untuk menguak manfaat melakukan meditasi dan yoga yang bersifat mindfulness pada orang yang menderita migrain.

Apa itu mindfulness?

Pada sebuah artikel di Clinical Psychology, mindfulness yang memang sulit diartikan dalam bahasa Indonesia ini memiliki dua buah makna yang saling berkaitan. Yang pertama adalah kemampuan diri kita untuk mengatur perhatian. Sedangkan yang kedua adalah kemampuan untuk berfokus pada momen yang ada di sekitar kita yang ditandai dengan rasa ingin tahu, keterbukaan, dan rasa menerima.

Jika dijabarkan, mindfulness berarti kemampuan seseorang untuk secara tenang mampu menyadari emosi dirinya sendiri sambil merasakan sensasi fisik yang ada di sekelilingnya, sekaligus yang ada di pikirannya, sekaligus sadar akan kondisi lingkungan tempat ia bermeditasi. Kondisi keterbukaan pikiran sekaligus bisa menyerap berbagai sensasi di sekeliling kita ini akan membuat pikiran kita lebih tenang dalam mengembangkan strategi kognitif ketika dilanda stres. Dengan pernapasan yang dalam dan yoga, pikiran Anda akan dilatih untuk bisa menghadapi berbagai gejala stres yang mungkin bisa menyebabkan migrain.

Proses studi

Pada studi yang digunakan untuk membuktikan pengaruh meditasi terhadap penyembuhan migrain ini, dipilih secara terkontrol 19 orang dewasa yang memiliki migrain yang kambuh sebanyak 4-14 kali dalam sebulan. Studi dilakukan dengan tetap membiarkan beberapa peserta melanjutkan pengobatan medis yang dimilikinya untuk mengurangi migrain dan bagi peserta lain memberikan sesi yoga dan meditasi yang mengandung ajaran mindfulness selama 2 jam setiap minggunya selama 8 minggu. Yang lebih unik, para peserta tersebut diajari bagaiman menerapkan berbagai kegiatan sehari-hari yang dijiwai ajaran mindfulness, seperti bernapas, makan, mandi, mencuci piring dan lain sebagainya.

Tujuannya adalah untuk membuat pikiran kita mampu meminimalisir efek negatif dari stres dan akan menjadi terbiasa ketika stres melanda sehingga migrain tidak akan menyerang. Pada dasarnya pelatihan ini dilakukan dengan memberikan pengajaran tentang teknik pernapasan yang benar.

Hasil studi

Peserta yang diikutsertakan dalam program meditasi dan yoga yang dijiwai sifat mindfulness ini melaporkan adanya pengurangan sekitar 1,4 kali dalam migrain yang mereka derita setiap bulannya dibanding mereka yang terus menggunakan obat untuk meredakan migrain. Selain itu, peserta yang dibekali dengan latihan meditasi dan yoga yang dijiwai sifat mindfulness melaporkan adanya peningkatan ketenangan diri setelah sesi tersebut. Jika Anda menganggap bahwa pengaruh berkurangnya migrain ini sangat kecil, ingat bahwa studi ini dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama dan hanya pada sampel yang sangat kecil.

Apa artinya studi ini?

Meditasi bisa membantu menyembuhkan migrain yang Anda derita, namun masih perlu berbagai macam studi lain untuk membuktikannya. Namun tentu tidak ada salahnya jika Anda mencobanya sekarang, siapa tahu pengobatan alami ini efektif untuk Anda

Bagikan informasi tentang Bisakah Meditasi Meredakan Migrain? kepada teman atau kerabat Anda.

Bisakah Meditasi Meredakan Migrain? | Toko Alat Kesehatan

Belum ada komentar untuk Bisakah Meditasi Meredakan Migrain?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 10%
Rp 225.000 Rp 250.000
Ready Stock / PH-009
Rp 2.100.000
Ready Stock / MED-001
SIDEBAR