• Kontak Kami
  • Hotline : 085649595148
  • SMS : 085649595148
  • BBM : 59957FC7

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Cara Menggunakan Kursi Roda

Cara Menggunakan Kursi Roda

Diposting pada oleh Chandra Medika

Artikel30

Cara Menggunakan Kursi Roda

Kursi roda merupakan alat bantu gerak yang banyak sekali digunakan orang berkebutuhan khusus seperti orang yang menyandang cacat fisik tubuh ataupun ada bagian kaki yang diamputasi sehingga tidak memungkinkannya berjalan. Kursi roda juga sangat umum dipakai untuk pasien yang masih dalam tahap penyembuhan sehingga tubuhnya terlalu lemah untuk berjalan sendiri.

Pada kursi roda manual yang banyak dipakai, biasanya ada orang yang menemani untuk mendorong dan mengarahkan kursi roda tersebut. Namun jika ingin mengurangi ketergantungan terhadap orang lain, Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan cara sebagai berikut.

  1. Persiapkan tangan

Menggerakkan sendiri kursi roda dalam waktu yang lama akan bisa menyebabkan kulit tangan Anda terluka. Oleh sebab itu, pakailah pelindung seperti sarung tangan sebelum menggunakan kursi roda.

  1. Memegang roda

Jangan pegang roda karet yang ada pada kursi roda Anda. Pada kursi roda manual, di bagian luar roda akan ada roda besi tambahan yang diameternya lebih kecil daripada roda karet tersebut. Genggamlah bagian roda besi tersebut untuk menggerakkan kursi roda. Walaupun kadang-kadang jika ingin lebih cepat Anda bisa saja memegang baik roda besi maupun roda karet pada kursi roda Anda.

  1. Bernavigasi menggunakan kursi roda.

Memang sepintas terlihat sederhana, namun jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengendalikan kursi roda maka Anda akan bisa terluka karenanya.

  • Bergerak ke depan: Genggam kedua roda besi pada bagian belakang dan dorong ke depan dengan tenaga Anda. Terus lakukan hal yang sama untuk bisa bergerak maju ke depan.
  • Bergerak ke belakang: Genggam kedua roda besi pada bagian depan dan tarik ke belakang agar bisa bergerak mundur. Namun jangan lupa untuk selalu menengok ke belakang ya sebelum mundur.
  • Belok kanan: Pegang dan diamkan roda besi sebelah kanan, lalu ayunkan roda besi sebelah kiri ke depan agar Anda bisa belok kanan.
  • Belok kiri: Pegang dan diamkan roda besi sebelah kiri, lalu ayunkan roda beesi sebelah kanan agar Anda bisa belok kiri.
  • Berputar di tempat: Kadang Anda harus melakukan gerakan memutar di tempat dengan kursi roda Anda. Untuk melakukannya, ayunkan salah satu roda besi ke depan dan ayunkan roda besi satunya ke belakang pada saat yang bersamaan.
  • Berhenti: biasanya di setiap kursi roda ada tuas yang bisa dijadikan rem ketika Anda ingin berhenti. Cukup tarik tuas tersebut, bila masih belum berhenti juga Anda bisa menggunakan tangan untuk menghentikan roda secara manual.
  • Berdiam diri: jika Anda harus menggunakan kedua tangan Anda misalnya sedang makan, jangan lupa untuk selalu menarik tuas rem atau Anda bisa saja kursi roda Anda menggelincir dengan bebas.
  1. Menghadapi rintangan di jalan

Kadang selama Anda menggunakan kursi roda, jalan yang akan Anda lalui tidak melulu halus. Pasti akan ada barang-barang yang tergeletak di tanah seperti batu dan kabel yang bisa menghambat jalan Anda.

Selalu lambatkan kursi roda Anda sebelum melalui rintangan ini. Bahkan rintangan setinggi 1 cm pun bisa membuat Anda terpental jika Anda melaluinya dengan kecepatan yang cukup tinggi. Berlatihlah untuk melalui rintangan-rintangan seperti ini.

Melalui rintangan yang cukup besar akan sangat sangat berbahaya dan sulit jika dilakukan dari depan. Oleh karena itu, putar kursi roda Anda dan lalui rintangan tersebut dengan cara bergerak mundur menggunakan kursi roda Anda.

Bagikan informasi tentang Cara Menggunakan Kursi Roda kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Menggunakan Kursi Roda | Toko Alat Kesehatan

Belum ada komentar untuk Cara Menggunakan Kursi Roda

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 5.550.000
Pre Order / HFU-002
SIDEBAR