• Kontak Kami
  • Hotline : 085649595148
  • SMS : 085649595148
  • BBM : 59957FC7

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Gejala Tekanan Darah Rendah dan Apa Akibatnya ?

Gejala Tekanan Darah Rendah dan Apa Akibatnya ?

Diposting pada oleh Chandra Medika

Pengertian Tekanan Darah Rendah

 

gambar love hati

Gejala tekanan darah rendah

Pusing, lemas dan mata berkunang – kunang adalah beberapa tanda atau rasa yang mungkin dirasakan oleh seseorang yang mengalami tekanan darah rendah atau biasa yang disebut anemia. Pengertian dari tekanan darah itu sendiri adalah kekuatan terdorongnya darah pada dinding arteri dari jantung sebagai organ yang bertugas memompa darah. Kebanyakan orang akan lebih perhatian terhadap tekanan darah yang dimiliki. Apalagi jika orang tersebut mempunyai riwayat dalam keluarganya, mereka akan lebih rentan terkena penyakit yang berkaitan dengan penyakit darah seperti stroke, leukemia, anemia, dll.
Biasanya di apotik – apotik di berbagai daerah sudah menyediakan jasa untuk mengukur tekanan darah dengan biaya yang relatif terjangkau.

Seseorang bisa dikatakan mengalami tekanan darah rendah atau yang biasa disebut hipotensi, dimana ketika dilakukan proses pengukuran tekanan darah (tensi), akan menunjukkan angka di bawah atau lebih rendah dari normal. Dan apabila ketika dilakukan pengukuran ternyata angka menunjukkan lebih tinggi dari normal, maka orang tersebut dikatakan tekanan darah tinggi atau yang biasa dikenal dengan sebutan hipertensi.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai tekanan darah rendah atau Hipotensi.
Berdasarkan dari beberapa pengertian, Hipotensi dapat diartikan sebagai tekanan darah yang menunjukkan angka di bawah normal, yaitu mencapai nilai terendah 90/60 mmHg. Sementara batas normal tekanan darah seseorang adalah di angka 120/80 mmHg. Walaupun demikian, kebanyakn orang tidak akan menyadari jika tekanan darahnya mencapai 110/90 mmHg atau bahkan mencapai titik 100/80 mmHg. Banyak faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah mengalami penurunan di bawah normal, diantaranya kurang tidur, kurang minum, haid ( menstruasi ) abnormal atau berlebihan. Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut, maka akan sangat berpengaruh pada tekanan darah seseorang, bahkan akan mencapai titik terendah yaitu 90/60 mmHg. Pada kondisi tekanan darah yang sangat jauh dari normal ini, seseorang akan merasakan pusing yang luar biasa, bahkan jika orang tersebut mempunyai fisik yang lemah akan mengalami pingsan atau tidak sadarkan diri.

Begitu banyak gejala – gejala yang ditunjukkan ketika seseorang mengalami tekanan darah rendah (hipotensi). Adapun tanda / gejalanya adalah sebagai berikut :
1. Sering pusing
2. Sering menguap
3. Penglihatan terkadang mengalami kabur ( mata berkunang – kunang ), terutama ketika setelah duduk atau jongkok terlalu lama.
4. keringat dingin
5. Cepat lelah, dan letih
6. Sering pingsan
7. Wajah terlihat tidak fresh (pucat)

Pada suatu pemeriksaan, secara umum denyut atau detak nadi lemah, dan penderita akan terlihat pucat, hal tersebut dikarenakan suplay darah ke seluruh jaringan tubuh yang tidak dapat maksimal.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk seseorang yang menderita tekanan darah rendah atau hipotensi. Seperti :

1. Minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak, porsi yang dianjurkan adalah 8 sampai 10 gelas per hari,
2. Sesekali minum kopi, hal tersebut berfungsi untuk membantu meningkatkan degup jantung, sehingga tekann darah juga akan ikut meningkat.
3. Komsumsi makanan yang mengandung kadar garam.
4. Rutin berolahrga.

Banyak sekali apotik – apotik yang menawarkan jasa untuk pengecekan tekanan darah, dengan biaya yang relatif terjangkau, sehingga akan memudahkan seseorang untuk mengetahui seberapa tekanan darah yang dimilikinya. Apakah termasuk dalam kategori orang yang mengalami tekanan darah rendah ( hipotensi ) ataukah tekanan darah tinggi ( hipertensi ).
Jaman semakin modern, seiring berkwmbangnya sistem teknologi yang sangat canggih. Sekarang juga sudah tersedia alat untuk pengecekan darah atau biasa yang disebut tensimeter dalam bentuk digital dan otomatis. Hanya tinggal di pencet salah satu tombol, maka alat tersebut sudah bekerja dengan sendirinya mengukur tekanan darah seseorang. Kami dari Chandra Medika ( toko-alatkesehatan.com ) menyediakan alat tensimeter tersebut dalam berbagai merek dan tipe. Jika ingin mengetahui lebih lengkap mengenai tensimeter bisa dilihat di Jual Tensimeter Murah .
Alangkah lebih baik seseorang mengetahui kondiai tubuh dan kesehatannya lebih dini. Seperti kata pepatah “mencegah lebih baik dari pada mengobati”.
Semoga artikel ” Gejala Tekanan Darah Rendah dan Apa Akibatnya ? ” ini bermanfaat. Salam sehat. 😉

Bagikan informasi tentang Gejala Tekanan Darah Rendah dan Apa Akibatnya ? kepada teman atau kerabat Anda.

Gejala Tekanan Darah Rendah dan Apa Akibatnya ? | Toko Alat Kesehatan

Belum ada komentar untuk Gejala Tekanan Darah Rendah dan Apa Akibatnya ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 98.000
Ready Stock / TE-008
SIDEBAR