• Kontak Kami
  • Hotline : 085649595148
  • SMS : 085649595148
  • BBM : 59957FC7

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Kekurangan Tidur Bisa Menyebabkan Perubahan Kadar Hormon

Kekurangan Tidur Bisa Menyebabkan Perubahan Kadar Hormon

Diposting pada oleh Chandra Medika

sulit tidur karena kurang hormon

Dilansir dari about health, hormon adalah salah satu zat vital yang terdapat di dalam tubuh kita. Hormon berfungsi sebagai pengantar kimiawi yang mendukung hampir seluruh fungsi yang ada di dalam tubuh kita mulai dari pertumbuhan hingga metabolisme. Ada berbagai macam hormon di dalam tubuh dan kelenjar yang memproduksinya secara keseluruhan disebut sebagai sistem endokrin. Banyak hormon yang dikontrol melalui salah satu bagian di otak kita yang disebut sebagai kelenjar pituitari, yang jika terganggu bisa membawa efek buruk bagi hormon di dalam tubuh.

Tidur yang cukup di malam hari sangatlah penting bagi tubuh Anda untuk mengembalikan kebugaran tubuh ketika akan dipakai untuk beraktivitas di keesokan harinya. Namun penelitian membuktikan bahwa kurangnya porsi tidur yang dialami banyak orang di dunia berperan dalam mengubah kadar dan pola kerja hormon di dalam tubuh seseorang.

Hormon di dalam tubuh kita bisa dipengaruhi oleh berbagai macam hal yang bersifat alami seperti cahaya dan kegelapan, serta oleh kekurangan tidur yang sering kita abaikan. Berbagai perubahan jumlah hormon yang kita alami dari hari ke hari sangatlah dipengaruhi pola kegiatan fisik yang kita lakukan. Pola kegiatan harian kita ini sering disebut ritme sirkardian yang dikontrol oleh kelenjar hipotalamus yang ada di dalam otak kita. Selain mengontrol ritme sirkardian, kelenjar hipotalamus ini juga berperan dalam mengatur suhu tubuh, nafsu makan, dan energi yang kita bakar. Ketika fungsi kelenjar hipotalamus ini terganggu karena kurang tidur, maka keseluruhan sistem dalam tubuh kita juga bisa terganggu.
Pada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1999 diketahui bahwa jika tidur kita setiap malam nya dipotong 4 jam maka pola metabolisme kita akan berubah. Ada peningkatan kadar glukosa dalam darah yang mengarah pada meningkatnya potensi terserang diabetes yang juga bisa dikaitkan dengan peningkatan berat badan dan hipertensi. Namun menurut penelitian juga diketahui bahwa perubahan kadar glukosa ini bisa dinormalkan dengan mengembalikan pola tidur seperti sedia kala.

Pada sebuah penelitian di tahun 2004, diketahui bahwa kekurangan waktu tidur di malam hari bisa menurunkan kadar hormon leptin sebesar 18%. Hormon leptin adalah hormon yang berfungsi untuk menekan rasa lapar yang kita alami. Dan sebaliknya, hormon grelin kita justru bertambah 28% ketika kekurangan tidur. Hormon grelin ini sendiri adalah hormon yang berfungsi untuk membangkitkan selera makan. Penelitian ini juga menghasilkan kesimpulan bahwa ketika kita kurang tidur, kita cenderung akan memilih makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat yang nantinya akan mengarah pada obesitas.
Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak yang kurang tidur juga terbukti mengalami masalah pada nafsu makan serta energi yang dibakarnya. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan sang anak.
Hormon apa saja yang terpengaruh oleh pola tidur?

Inilah hormon-hormon yang akan terganggu jika Anda kurang tidur.

  1. Hormon kortisol (hormon stres)
  2. Hormon adrenalin
  3. Hormon catecholamine (termasuk yang epinephrin dan non epinephrin)
  4. Hormon Luteinizing (yang berfungsi menstimulasi ovum dan testikel)
  5. Follicle-Stimulating Hormone (yang berfungsi menstimulasi ovum dan testikel)
  6. Testosteron (menstimulasi produksi sperma pada pria)
  7. Progesteron (menentukan kehamilan pada wanita)

Atas parahnya efek yang disebabkan oleh kurang tidur pada hormon dalam tubuh Anda, sebaiknya Anda menjaga pola tidur yang teratur setiap harinya agar Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit dan gangguan yang mungkin bisa menyerang Anda di kemudian hari.

Bagikan informasi tentang Kekurangan Tidur Bisa Menyebabkan Perubahan Kadar Hormon kepada teman atau kerabat Anda.

Kekurangan Tidur Bisa Menyebabkan Perubahan Kadar Hormon | Toko Alat Kesehatan

Belum ada komentar untuk Kekurangan Tidur Bisa Menyebabkan Perubahan Kadar Hormon

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 1.450.000
Ready Stock / TE-024
Rp 650.000
Ready Stock / AKB-009
STOK HABIS
Rp 245.000
Habis / TE-009
SIDEBAR