• Kontak Kami
  • Hotline : 085649595148
  • SMS : 085649595148
  • BBM : 59957FC7

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Kenali Gejala Asam Urat dan Cara Menyembuhkan Asam Urat

Kenali Gejala Asam Urat dan Cara Menyembuhkan Asam Urat

Diposting pada oleh Chandra Medika

Cara Menyembuhkan Asam Urat dan Gejalanya

Nyeri sendi dan gejala asam urat

Kenali Gejala Asam Urat dan Solusinya

Pengertian dari Asam Urat adalah sebuah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan – makanan yang telah dikonsumsi. Ini juga merupakan salah satu hasil dari pemecahan sel dalam darah. Sedangkan untuk pengertian dari zat purin adalah zat yang terdapat di dalam setiap makanan yang berasal dari makhluk hidup (ayam goreng, bebek goreng, sate kambing, dll). Dengan istilah lain, di dalam tubuh setiap makhluk hidup terkandung zat purin, kemudian dikarenakan kita juga mengkonsumsi makhluk hidup tersebut, maka zat purin yang terkandung di dalam tubuhnya akan berpindah ke dalam tubuh seseorang yang mengkonsumsinya. Sedangkan berbagai sayuran dan buah – buahan juga terkandung zat purin. Zat purin dapat dihasilkan dari hasil perusakan beberapa sel – sel tubuh yang terjadi secara normal atau disebabkan oleh penyakit tertentu.

Namun apabila kadar asam urat yang berlebihan akan tetapi organ ginjal tidak mampu lagi untuk mengatur kestabilannya, maka asam urat tersebut akan menumpuk pada jaringan dan persendian. Ketika kadar asam urat mengalami peningkatan, maka akan timbul rasa nyeri yang sangat hebat terutama pada bagian atau daerah persendian seperti contohnya daerah lutut.

Penyakit Asam Urat ini sebenarnya sudah dikenal sejak 2000 tahun yang lalu dan menjadi salah satu penyakit tertua yang dikenal oleh manusia. Dahulu, penyakit asam urat ini juga dikenal sebagai “penyakit raja”, hal tersebut dikarenakan penyakit ini diasosiasikan dengan sebuah kebiasaan mengkonsumsi makanan – makanan atau minuman yang enak – enak (lezat) yang hanya hisa dinikmati oleh kalangan orang kaya pada saat itu. Namun pada masa sekarang ini, penyakit asam urat dapat dialami oleh siapa saja, dan dari kalangan manapun, baik itu orang kaya maupun biasa, pria maupun wanita, siapa saja dapat terkena penyakit asam urat. Akan tetapi, pada umumnya penyakit asam urat ini banyak dialaki oleh kaum pria, sedangkan perempuan persentase terjangkitnya penyakit asam urat lebih kecil dan baru terlihat atau muncul setelah seorang perempuan mengalami menopause. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya kita perlu mengetahui dan mewaspadai gejala-gejala yang muncul.

Gejala Gejala Penyakit asam urat adalah sebagai berikut :

1. Linu – linu dan kesemutan
2. Nyeri, terutama dirasakan pada malam hari atau pagi hari pada saat banyun tidur.
3. Sendi – sendi yang terkena penyakit asam urat akan tampak bengkak, kemerahan, panas, serta nyeri yang luar biasa.

Asam Urat dan gejalanya

Penyakit asam urat itu sendiri sebenarnya dapat diobati, dengan tujuan agar kadar di dalam tubuhnya berkurang atau bahkan kembali normal seperti sebelumnya. Namun dikarenakan di dalam tubuh manusia berpotensi adanya penumpukkan asam urat, maka seseorang yang menderita penyakit asam urat harus dapat mengontrol makanan atau minuman yang dikonsumsinya atau sebisa mungkin menghindari makanan yang banyak mengandung zat purin.

Cara mengatasi Kadar Asam Urat berlehih adalah :

1. Melakukan pengobatan sampai kadar asam urat di dalam tubuh kembali normal. Unuk kadar normal asam urat adalah 2,4 s/d 6 untuk wanita dan 3,0 s/d 7 untuk pria.
2. Mengontrol makanan serta minuman yang dikonsumsi.
3. Perbanyak minum air putih. Karena dengan banyak mengkonsumsi air putih, dapat membantu mengurangi atau membuang zat purin  yang terkandung di dalam tubuh.

Adapun makanan yang seharusnya dihindari bagi orang yang mengalami penyakit asam urat adalah :

  • lauk pauk misalnya jeroan (hati, usus, otak, paru, dll)
  • seafood atau makanan laut misalnya udang, cumi, kepiting, kerang, dll
  •  makanan siap saji atau makanan kaleng, misalnya sarden dan kornet
  •  telur, daging, ataupun kuah yang kental
  •  kacang – kacangan, misalnya kedelai (termasuk juga hasil olahan dari kedelai yaitu tempe, tahu, oncom, susu kedelai) , kacang hijau, kacang tanah.

 

Banyak sekali obat-obatan untuk mengobati asam urat, namun ada juga pengobatanyang dapat dilakukan secara tradisional, contohnya:

 

  • Buah Sirsak. Baik dimakan begitu saja ataupun dibuat juice. Diinum setiap hari.
  • Daun Salam sebanyak 7 buah direbus dengan ditambahkan 2 gelas air sampai mengering dan sisa 1 gelas saja. Diminum setiap pagi dan sore
  •  Labu Siam yang diparut kemudian disaring untuk diambil airnya dan dimknum setiap hari
  • Cuka apel yang telah jadidan dicampur dengan madu. Takarannya 1 sendok madu dicampur dengan 2 sendok cuka apel kemudian ditambah juga dengan air hangat. Dikonsumsi selama 1 minggu.
  • Kentang yang masih mentah, dan apel malang yang dijuice.

 

Semoga Artikel ” Kenali Gejala Asam Urat dan Cara Menyembuhkan Asam Urat ”  bermanfaat untuk anda .

Salam Sehat 🙂

Bagikan informasi tentang Kenali Gejala Asam Urat dan Cara Menyembuhkan Asam Urat kepada teman atau kerabat Anda.

Kenali Gejala Asam Urat dan Cara Menyembuhkan Asam Urat | Toko Alat Kesehatan

Belum ada komentar untuk Kenali Gejala Asam Urat dan Cara Menyembuhkan Asam Urat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF -23%
Rp 920.000 Rp 750.000
Ready Stock / OTO-002
Rp 250.000
Ready Stock / BOS-001
SIDEBAR