• Kontak Kami
  • Hotline : 085649595148
  • SMS : 085649595148
  • BBM : 59957FC7

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Pengertian Kolesterol dan Apa Bahaya Kolesterol Bagi Kesehatan Tubuh ?

Pengertian Kolesterol dan Apa Bahaya Kolesterol Bagi Kesehatan Tubuh ?

Diposting pada oleh Chandra Medika

 

bahaya kolesterol bagi tubuh

 

Pengertian Kolesterol dan Apa Bahaya Kolesterol Bagi Kesehatan Tubuh

 

Mungkin sebagian dari kita tidak asing lagi dengan yang namanya kolesterol. Nah, bagi sahabat Chandra Medika , kami rangkum artikel tentangnya. Dari apa itu kolesterol ? Sumber makanan penyebabnya, Bahaya kolesterol bagi tubuh sampai cara pencegahannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rangkuman artikel dibawah ini.

 

Pengertian Kolesterol :

Kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah yang sebenarnya juga dibutuhkan dalam pembentukan dinding sel dan juga sumber dari beberapa hormon. Akan tetapi jika kadar kolesterol didalam darah berlebihan, maka akan terjadi penyumbatan pembuluh darah yang dapat meyebabkan serangan jantung maupun stroke.
Pada umumnya ada 2 jenis kolesterol yang patut kita ketahui, yaitu High-Density Lipoprotein (HDL) yang biasa kita sebut kolesterol baik dan Low-Density Lipoprotein (LDL) yang biasa kita sebut kolesterol jahat. Yang biasa menyerang pembuluh darah dan terjadi penyumbatan adalah kolesterol jahat ini atau istilahnya kolesterol tinggi. Bahaya kolesterol tinggi adalah jika kadar LDL terlalu tinggi dibandingkan HDL maka akan terjadi penyumbatan dalam saluran darah ke otak maupun jantung dan dapat menyebabkan serangan jantung (heart attack) juga stroke.

 

 

makanan tinggi kolesterol

 

Sumber-sumber kolesterol dan Makanan yang mengandung kolesterol Tinggi :

Mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh dapat mengakibatkan tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah. Dibawah ini ada beberapa makanan yang patut dihindari atau tidak boleh terlalu sering kita konsumsi, diantaranya :

  1. Kuning telur,
    Telur adalah salah satu sumber nutrisi bagi tubuh kita seperti vitamin A, zat besi, kalsium, seng, dan beberapa mineral yang baik bagi tubuh kita tetapi juga merupakan sumber lemak jenuh. Meskipun baik bagi perkembangan mata dan otak, jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  2. Mentega,
    Makanan yang mengandungi mentega seperti kue, biskuit, roti, dll.
  3. Daging berlemak dan juga daging olahan,
    Daging berlemak adalah daging yang masih mempunyai serat lemak. Begitu juga daging olahan, misalnya saja makanan cepat saji seperti humberger, daging kaleng atau sosis yang pengolahannya yang patut diragukan.
  4. Santan,
    Masakan yang mengandung santan memang enak dan berkrim. Akan tetapi santan juga salah satu penyumbang tinggi kolesterol dalam darah.
  5. Jeroan, kulit ayam/ bebek
    Jeroan (baik itu jeroan sapi, kambing, ayam/bebek, dll) dan kulit ayam tidak baik jika dikonsumsi secara berlebih. Karena mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Bagian jeroan yang tinggi akan kadar kolesterolnya adalah otak, usus dan hati.
  6. Produk olahan dari susu
    Diantaranya susu berlemak, keju, dll.
  7. Seafood
    Diantaranya udang, kerang, juga kepiting..

 

 

Bahaya kolesterol bagi tubuh

Bahaya kolesterol tidak saja mengancam kalangan lansia atau orang tua tetapi juga terjadi pada kalangan muda. Karena pola hidup dan pola konsumsi makanan yang tidak diatur dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Ada banyak penyakit dari BAHAYA KOLESTEROL dan 3 penyakit ini yang harus diwaspadai, Diantaranya adalah :

  1. Stroke adalah kondisi dimana terjadinya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah ke otak. Sehingga menyebabkan terhambatnya pasokan oksigen dan nutrisi ke salurkan otak. Jika lambat ditangani, sel-sel di jaringan otak akan mati dan inilah penyebab kematian bagi penderitanya. Bagi penderita stroke butuh penanganan serius, semakin cepat semakin baik guna menghindari kematian.
  2. Serangan jantung (heart attack) adalah kondisi dimana pembuluh darah ke jantung terhenti atau tersumbat oleh penggumpalan darah atau lemak yang salah satu penyebabnya adalah kolesterol jahat (LDL).
  3. Hipertensi adalah tekanan darah tinggi, dimana tekanan darah pada dinding arteri meningkat.

 

Bagaimana Cara Mencegah Kolesterol ?

Kadar kolesterol dapat kita turunkan dengan makanan sehat yang seimbang juga mengatur pola gaya hidup yang sehat.

  1.  Diet kolesterol
    Diet kolesterol adalah pola makan dengan mengurangi atau menghindari makan yang mengandungi lemak jenuh yang tinggi. Diantaranya jeroan, kulit ayam, margarin, keju, udang, kuning telur, susu berlemak, daging kambing, santan, dll. Kita dapat mengganti protein hewani dengan protein yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan, seperti kedelai, kacang tanah, kacang ijo dll.
  2. Cara masak yang betul
    Dengan menggolah makanan yang benar, setidaknya dapat mengurangi penggunaan minyak atau mentega yang menggandung lemak jenuh. Yaitu dengan cara dipanggang, dikukus atau rebus. Disamping itu, kita juga dapat mengganti minyak goreng dengan minyak nabati yang bersumber dari jagung, kedelai, minyak zaitun, minyak kenari.
  3. Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat
    Yaitu dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang tinggi serat. Serat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  4. Menjaga berat badan dan berolahraga
    Mengurangi berat badan juga salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam darah. Karena jika berat badan berlebih dapat menghambat proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak. Salah satunya dengan berolahraga secara teratur dapat menjaga berat badan secara ideal. Selain itu, aktivitas fisik yang lain dapat merangsang tubuh untuk membawa endapan lemak ke organ hati untuk diurai. Lakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya minimal 30 menit setiap hari atau 5 kali dalam seminggu.
  5. Berhenti merokok dan juga alkohol
    Salah satu Zat yang terkandung dalam rokok adalah akrolein yang dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik (HDL). Dimana fungsinya mengangkut timbunan lemak menuju organ hati sehingga menyebabkan terjadinya penyempitan arteri. Alkohol juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Dapat disimpulkan bahwa rokok dan alkohol merupakan salah satu faktor resiko seseorang mengalami serangan jantung atau stroke.
  6. Lakukan pengecekan kadar kolesterol secara berkala
    Anda dapat melakukan cek kolesterol ke klinik kesehatan atau dokter setempat atau melakukan cek sendiri. Biasanya Dokter akan menyarankan agar total kadar kolesterol Anda dibawah 200mg/dl, dimana kadar kolesterol jahat (LDL) dibawah angka 130 dan kolesterol baik (HDL) diatas angka 40.

 

 

Bagi Anda yang ingin mencari alat ukur kadar kolesterol, kami juga menyediakan produk alat tersebut begitu juga dengan test stripsnya. Untuk lebih jelasnya silahkan klik disini. Demikian Artikel ” Pengertian Kolesterol dan Bahaya Kolesterol Bagi Kesehatan Tubuh ”¬† yang dapat kami rangkum untuk Anda dan Terimakasih atas kunjungannya.
*dirangkum dari berbagai sumber

 

 

 

Bagikan informasi tentang Pengertian Kolesterol dan Apa Bahaya Kolesterol Bagi Kesehatan Tubuh ? kepada teman atau kerabat Anda.

Pengertian Kolesterol dan Apa Bahaya Kolesterol Bagi Kesehatan Tubuh ? | Toko Alat Kesehatan

Belum ada komentar untuk Pengertian Kolesterol dan Apa Bahaya Kolesterol Bagi Kesehatan Tubuh ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
Rp 230.000
Habis / TER-004
Rp 350.000
Ready Stock / ABJ-003
SIDEBAR