• Kontak Kami
  • Hotline : 085649595148
  • SMS : 085649595148
  • BBM : 59957FC7

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Tanda Tanda Penyakit Jantung dan Apa Saja Gejalanya?

Tanda Tanda Penyakit Jantung dan Apa Saja Gejalanya?

Diposting pada oleh Chandra Medika

Kenali Gejala Penyakit Jantung

 

tanda tanda dan gejala penyakit jantung

 

Tanda Tanda Jantung Tidak Sehat

Jantung merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang mempunyai peranan yang sangat penting (vital) bagi tubuh manusia yaitu bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Dan darah yang dipompa oleh Jantung yang dibawa ke seluruh tubuh tersebut juga membawa banyak oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Sangat tidak bisa dibayangkan apabila orang yang sangat vital tersebut sudah tidak berfungsi atau sedang tidak sehat.

Penyakit Jantung pada umumnya merupakan salah satu penyakit kronis pada arteria koroner atau yang biasa disebut aterosklerosis.Oleh karena itu, penyakit jantung sering dikenal serta paling sering diderita oleh manusia adalah jantung koroner.Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian bagi seseoang yang menderitanya.
Penyakit Jantung ini disebabkan karena adanya penyempitan pada pembuluh darah koroner, dimana pembuluh tersebut mempunyai fungsi menyediakan darah ke otot jantung. Penyempitan itu sendiri dikarenakan adanya tumpukkan kolesterol atau protein lain yang berlebih yang berasal dari makanan – makanan yang telah dikonsumsi. Penumpukkan kolesterol dan protein lain ini juga dapat menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku. Kejadian tersebut disebut aterosklerosis.
Aterosklerosis terjadi apabila adanya penumpukkan plak atau lemak pada dinding arteri. Setelah beberapa lama, plak dan timbunan lemak tersebut dapat menumpuk, mengeras, serta dapat mempersempit arteri yang akan menghambat aliran darah menuju ke jantung. Penyakit Coronary Artery Disease (CAD) atau biasa yang disebut sebagai penyakit arteria koroner lah yang menyebabkan pada sebagian besar serangan jantung.

Penyumbatan yang terjadi di dalam satu arteri koroner atau lebih sangat dapat menyebabkan serangan jantung secara mendadak / tiba-tiba. Penyebabnya dikarenakan jantung menuntut oksigen yang melebihi dari yang tersedia sehingga dapat memicu terjadinya serangan jantung. Karena otot jantung tidak menerima oksigen dalam waktu yang cukup lama, maka jaringan yang berada di sekitarnya dapat mengalami kerusakan. Otot jantung tidak seperti jaringan lain yang ada di dalam tubuh yang dapat mengalami regenerasi. Semakin lama serangan yang terjadi, maka semakin banyak pula kerusakan yang terjadi pada jantung dan semakin besar pula kemungkinan seseorang meninggal dunia karena penyakit tersebut.
Sebenarnya ada beberapa gejala awal yang menunjukkan bahwa jantung seseorang mengalami kerusakan atau dalam kondisi yang tidak sehat. Hal tersebut dapat diketahui dari beberapa tanda awal yang ditunjukkan oleh sebagian anggota tubuh. Berikut adada beberapa tanda-tanda yang menunjukkan jantung seseorang sedang tidak sehat :

serangan jantung yang sangat berbahaya

serangan jantung

1. Disfungsi Ereksi
Ketika seseorang mengalami disfungsi ereksi, maka perlu diwaspadai bahwa terdapat gejala pada kerusakan organ jantung.
2. Mendengkur Saat Tidur
Seseorang yang mempunyai kebiasaan mendengkur saat tidur juga perlu waspada terjadi kerusakan pada jantung. Karena hal tersebut menandakan kondisi yang tidak sehat.
3. Sakit Pada Gusi
Kesehatan gusi juga dapat digunakan sebagai acuan untuk mengetahui kondisi jantung seseorang. Apabila terjadi Sakit Gusi seperti Gusi mengalami pembengkakan, maupun Gusi berdarah perlu segera memeriksakan diri ke Dokter atau Rumah Sakit terdekat agar lebih dini mengetahui keadaan tubuhnya.
4.Terjadi Pembengkakan
Jika terjadi pembengkakan pada area pergelangan kaki, pergelangan tangan, ataupun pada jari-jari tangan dan kaki, maka hal tersebut juga termasuk tanda atau gejala jantung tidak sehat.
5. Denyut Jantung tidak Stabil
Apabila seseorang mempunyai denyut nadi yang tidak stabil, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa kondisi jantung sedang tidak sehat. Denyut nadi normal adalah antara 60-80 bpm.
6. Nyeri pada Dada dan Bahu
Nyeri sering menyerang pada beberapa bagian tubuh manusia, seperti pada bagian persendian, punggung dan lain sebagainya. Namun apabila nyeri tersebut terjadi pada bagian dada maupun bahu, maka kondisi tersebut menunjukkan kondisi jantung yang tidak sehat.
7. Sesak Nafas
Sesak nafas sering sekali dialami oleh seseorang. Namun jika sesak nafas tersebut terjadi berulang kali dan sering, maka seseorang harus waspada terhadap kondisi jantungnya.

Artikel ” Tanda Tanda Penyakit Jantung dan Apa Saja Gejalanya?

Demikian beberapa gejala atau tanda-tanda mengenai penyakit jantung. Semoga bermanfaat. Salam Sehat… 🙂

 

 

Bagikan informasi tentang Tanda Tanda Penyakit Jantung dan Apa Saja Gejalanya? kepada teman atau kerabat Anda.

Tanda Tanda Penyakit Jantung dan Apa Saja Gejalanya? | Toko Alat Kesehatan

Belum ada komentar untuk Tanda Tanda Penyakit Jantung dan Apa Saja Gejalanya?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / MED-002
Rp 140.000
Ready Stock / ph-014
Rp 55.000
Ready Stock / TER-002
SIDEBAR